WONOSOBOZONE - Sebelum mengikuti colour run yang akan segera digerlar di Wonosobo kita harus tau apa itu colour run.

Mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui apa itu Colour Run, sebuah ajang  yang saat ini sedang menjadi tren tersendiri di berbagai belahan dunia. Namun ternyata tak sedikit juga yang belum mengetahui apa sebenarnya Colour Run itu. Untuk itu tak ada salahnya berbagi sedikit mengenai Colour Run dan mengapa ajang ini bisa menjadi tren di kalangan masyarakat modern saat ini.

Arti colour run secara harfiah adalah lari warna, yaitu sebuah ajang lari 5K (lima kilometer) yang dibumbui dengan pelemparan bubuk warna-warni. Colour Run sendiri dicetuskan pertama kali oleh Travis Snyder, seorang warga  Utah, Ameria Serikat, yang terinspirasi oleh festival Holi di India serta Disney’s World of Colour. Travis mengadakan acara ini terbuka untuk semua kalangan, baik pelari profesional atau pun tidak.

Colour Run diadakan pertama kali pada Januari 2012 di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, dengan diikuti sebanyak 6.000 peserta. Kemudian masih  pada tahun yang sama, acara ini di gelar pada lebih dari 50 kota di Amerika Serikat.  Tahun 2013 lebih dari 130 kota di Amerika, Eropa, Afrika dan Australia mengadakan acara serupa.

Kota pertama di Asia yang menghelat Colour Run adalah Singapura dengan peserta sebanyak 16 ribu orang. Sedangkan di Indonesia sendiri, Colour Run diadakan pertama kali pada 2013 di Senayan. Dan pada hari ini, ajang ini telah merambah ke kabupaten/kota di Indonesia.

Meskipun Colour Run adalah sebuah ajang lari 5K, akan tetapi peserta yang mengikutinya tidak diharuskan beradu cepat lari seperti saat mengikuti lari maraton. Alih-alih untuk adu cepat, colour run sendiri dilakukan untuk bersenang-senang dan melepas stres. Di acara ini siapa pun boleh bergabung dan ikut berlari.
Pada acara ini, peserta atau pelari biasanya diminta mengenakan pakaian berwarna putih. Biasanya panitia juga memberikan sekantung bubuk warna-warni pada peserta lari yang nantinya akan dilempar bersama-sama di garis finis. Kemudian pelari bersama-sama berlari dari garis start menuju garis finis.  Cukup berlari-lari santai saja, karena tidak ada perhitungan waktu pada ajang ini. Dan bersiap-siaplah terkena lemparan bubuk warna-warni yang akan membuat pakaian putih menjadi penuh warna.

Peserta yang mengikuti ajang ini juga tak perlu khawatir dengan bubuk warna-warni yang nanti akan mengenai mereka, karena bubuk warna-warni ini dijamin aman. Bubuk warna yang digunakan biasanya adalah tepung maizena yang berlabel food grade. Kalau peserta takut bubuk tersebut akan mengenai mata atau masuk mulut dan hidung, maka tak ada salahnya peserta  menggunakan kacamata dan masker penutup mulut untuk melindungi diri dari bubuk warna-warni yang siap dilemparkan oleh panitia pada beberapa titik lari.

Nah, itu sedikit gambaran mengenai Colour Run yang saat ini tengah menjadi tren di berbagai belahan dunia. Semoga bisa menambah informasi bagi kalian yang masih penasaran dengan ajang ini.

www.leaderpost.com
oleh QQ kontributor wonosobozone.com

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top