WONOSOBOZONE18 orang yang merupakan perwakilan dari Traditional Leadership Project Team  Afghanistan, Kamis (7/5) mengunjungi Wonosobo. Kunjungan yang diterima langsung oleh Bupati HA Kholiq Arif di Pendopo Wakil Bupati tersebut mengagendakan serangkaian kegiatan, termasuk diskusi dan pengamatan langsung ke lapangan terkait praktik toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Wonosobo. Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) Nasional, yang mendampingi rombongan, Masykurudin Hafidz mengungkapkan tujuan mereka itu tak lepas dari pemahaman yang diterima bahwa Wonosobo merupakan contoh nyata daerah yang mampu menerapkan praktik kerukunan beragama secara baik.

Di sela acara ramah tamah dengan Bupati tersebut, Masykur juga mengurai beberapa hal terkait kunjungan delagasi dari Negara di jazirah Timur Tengah tersebut. Menurut Masykur, alasan lain yang mendasari kunjungan ke beberapa kota di Indonesia adalah dorongan dari pihak Afghanistan untuk dapat menerapkan praktik yang sama di Negara mereka. “Karakter masyarakat di Afghanistan yang sejak kecil sudah terbiasa dengan perang membuat kondisi seperti di Indonesia pada umumnya, dan Wonosobo secara khusus,sangat sulit ditemui”, ungkap Masykur. Namun demikian, mereka juga tak lantas menyerah begitu saja, karena meyakini bahwa upaya mewujudkan kehidupan yang rukun dan jauh dari konflik dapat dilakukan. “Media kunjungan luar negeri dan pertemuan yang diisi diskusi-diskusi dengan para pejabat dan aktivis keagamaan mereka yakini akan member wawasan baru terkait upaya mewujudkan Afghanistan yang lebih damai”, jelas Masykur lebih lanjut.

Kedatangan delegasi dari Afghanistan yang membawa maksud damai tersebut disambut hangat Bupati Wonosobo. Bupati yang menyambut mereka bersama istri, beserta Sekda dan jajaran pimpinan SKPD terkait bahkan mengagendakan untuk dapat bertatap muka dan membuka ruang diskusi lebih mendalam di Agrowisata Tambi Kejajar. “Kami menyambut baik kedatangan perwakilan dari Afghanistan yang membawa maksud mulia untuk berbagi dan belajar bersama demi terwujudnya perdamaian di muka bumi”, tutur Kholiq di depan para tamunya. Untuk keperluan tersebut, Bupati mempersilahkan para delegasi untuk melihat langsung bagaimana kondisi Wonosobo, beserta aktivitas masyarakat di sekitar kampus Universitas Sains Al Qur’an (Unsiq). “Dengan melihat langsung dan berbaur dengan masyarakat Wonosobo, kami berharap mereka akan mampu mendapatkan pemahaman secara lebih menyeluruh untuk dapat diterapkan di Afghanistan”, harap Kholiq menutup perbincangan.
Delegasi afghanistan melihat pembuatan Al Qur'an Raksasa di Unsiq 2

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top