WONOSOBOZONE - Upaya membersihkan obyek wisata pemandian Kalianget terus digiatkan oleh Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kanparekraf) Kabupaten Wonosobo. Demi mempercepat terwujudnya Kalianget bersih, Kepala Kantor Pariwisata, Agus Purnomo SH SSos MSi pun melebarkan kerjasama dengan menggandeng berbagai elemen masyarakat. Hal itu terlihat pada Jum’at pagi (15/5), Agus dan jajaran pegawai Kanparekraf bahu-membahu dengan puluhan warga dan angota Karang Taruna Kelurahan Mudal, Kecamatan Mojotengah untuk membersihkan Obwis Kalianget.

Lurah Mudal, Saliman SE yang turut dalam cara bersih-bersih tersebut mengaku antusias menyambut ajakan untuk membersihkan salah satu obyek wisata kebanggaan masyarakat Wonosobo  tersebut. “Kami senang bisa turut berkontribusi aktif dalam upaya penataan obwis Kalianget, sehingga ketika ada ajakan dari Pak Agus selaku Kepala Kantor Pariwisata, seperti gayung bersambut”, jelas Saliman ketika ditemui tengah membersihkan rerumputan dan lumut di sekitar gerbang masuk taman rekreasi Kalianget. Secara jujur, Saliman juga mengaku cukup prihatin dengan kondisi Kalianget yang kini seperti kurang terawat. “Masyarakat banyak yang menyayangkan karena beberapa sudut Kalianget tampak kotor dan seperti jarang disentuh”, ungkap Saliman lebih lanjut. Karena itulah, dalam acara bersih-bersih tersebut, selain bersama warga, pihaknya juga mengajak serta anggota Karang Taruna Mudal. “Karang Taruna Mudal juga siap bila memang diminta untuk turut dalam pengelolaan Obwis, termasuk usulan Kepala Kanparekraf yang menginginkan salah satu bangunan di dalam taman Kalianget agar dikelola untuk sekreariat sekaligus sentra ekonomi kreatif lokal Kelurahan Mudal”, tandas Saliman.

Antusiasme warga Kelurahan Mudal tersebut tak lepas dari gagasan Agus Purnomo, yang memang berkeinginan untuk melibatkan banyak pihak demi menjaga kebersihan dan keindahan Taman rekreasi Kalianget. “Dibutuhkan keterlibatan elemen masyarakat untuk bisa menjaga agar Kalianget ke depan tampak lebih indah dan mampu menjadi Obwis unggulan yang dijadikan sebagai destinasi utama para wisatawan”, jelas Agus. Pihaknya mengaku sengaja mengawali dengan fokus pada upaya membersihkan area seluas 9 hektar tersebut agar tampak lebih nyaman dipandang, dan membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati kesejukannya. Kelak, untuk pembenahan lebih luas, termasuk memperbaiki beberapa bangunan yang rusak, serta memperindah tampilan, Agus mengaku berencana menggandeng pihak swasta. “Nantinya kami juga akan mengupayakan keterlibatan beberapa perusahaan swasta untuk turut berpartisipasi aktif dalam upaya menjadikan Kalianget sebagai primadona pariwisata Wonosobo selain Dieng”, tutup Agus.

Karang Taruna Kelurahan Mudal Bersihkan Gerbang Kalianget

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top