WONOSOBOZONE - Beberapa waktu terakhir ini masalah begal menjadikan masyarakat was-was, terutama bagi mereka yang sering pulang malam. Hampir setiap hari kita disuguhi berita mengenai aksi pembegalan. Tidak hanya di kota besar, bahkan kini pembegalan juga merambah ke kota-kota kecil.

Korban begal sudah banyak berjatuhan, kebanyakan korban begal adalah wanita. Namun tidak menutup kemungkinan laki-laki menjadi korban begal juga. Oleh karena itu, entah perempuan atau pun laki-laki harus tetap waspada dengan kemungkinan begal yang siap mengahadang.

Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan untuk antisipasi bagi kalian yang harus terpaksa pulang, pergi atau melewati daerah yang rawan:
  1. Sebagai pengendara sepeda motor, yang pertama harus dilakukan adalah mengecek kelengkapan motor kita, terutama spion. Spion digunakan untuk memantau kendaraan atau orang lain yang mencurigakan di belakang kita.
  2. Kalau memang bisa, usahakan untuk pulang bersama teman-teman yang tujuannya searah, karena begal akan berpikir untuk melakukan aksinya pada orang yang bergerombol.
  3. Jika ada jalan lain yang lebih ramai untuk pulang, jangan ragu untuk melewati jalan tersebut, meskipun jaraknya lebih jauh.
  4. Jangan menggunakan perhiasan yang mencolok dan membawa uang berlebihan. Jika memang harus membawa, simpan barang-barang itu di tempat yang tidak mudah dilihat mata.
  5. Jangan menggunakan ponsel di jalan, karena hal ini akan menarik perhatian begal untuk melancarkan aksinya.
  6. Bagi pengendara sepeda motor, letakkan ibu jari kita pada posisi siap memencet klakson. Saat ada begal mengejar di belakang, jangan ragu untuk membunyikan klakson dengan membabi buta untuk membuat begal kelimpungan takut aksinya ketahuan.
  7. Saat kita merasa diikuti oleh orang mencurigakan di belakang, berusahalah untu tetap tenang dan percepat laju kendaraan bermotor kita. Apabila ada, carilah tempat ramai seperti SPBU atau pos polisi terdekat.
  8. Tak ada salahnya sediakan parfum semprot pada posisi yang mudah di ambil. Jadi kalau ada yang berniat jahat dan memepet kita di jalan, tak perlu berpikir ulang untuk menyemprotkan parfum pada wajah orang tersebut.
  9. Untuk perempuan, berkendaralah dengan posisi yang macho, jangan terlalau feminim. Gunakan juga jaket pria bila perlu. Hal ini dilakukan untuk mengecoh begal yang biasanya mengincar korban perempuan.
  10. Bila memang benar-benar takut pulang atau bepergian pada malam hari, tak usah memaksa untuk melakukannya. Menginaplah di tempat saudara atau teman yang rumahnya lebih dekat dan mudah dijangkau.
  11. Last but not least, jangan pernah lupa berdoa kepada Tuhan agar kita selalu dilindungi dari aksi kejehatan yang tidak pernah kita tahu kapan akan menghadang.

Semoga tips di atas bisa berguna. Jangan abaiakan keselamatan kita saat harus harus bepergian, pulang serta melewati jalan yang rawan. Ingatlah bahwa kita memiliki keluarga yang menanti kepulangan kita di rumah.

Begal

Editor: QQ (Kontributor wonosobozone.com)

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top